Breaking News
Loading...
Wednesday, May 8, 2013

11 Cara Mempercepat Windows8



Windows 8 adalah versi Windows terbaru yang mempunyai beberapa kelebihan salah satunya tampilan User Interface-nya. Sejak diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2012, banyak pengguna yang beralih ke versi Windows 8 baik itu dengan cara upgrade secara sistem operasi atau membeli perangkat baru. Dengan makin populernya sistem operasi ini, rasanya tidak perlu dijelaskan apa yang terbaru atau aplikasi apa  yang harus diinstall di sistem operasi ini. Sekarang yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana performa dari Windows 8 ini. Apakah lebih cepat dari pendahulunya (Windows 7) atau malah lebih lambat.
Yang jelas, waktu booting sekarang lebih cepat. Tapi bagaimana proses setelah sistem operasi berjalan? Apa yang harus di lakukan untuk membuat Windows 8 lebih cepat? masalah peningkatan kinerja memang menjadi isu yang menarik untuk setiap OS dan karena itu pengguna harus mengambil beberapa langkah preventif dan pemeliharaan agar komputer bisa menjalankan Windows 8 dengan lancar. Di sini saya akan berbagi beberapa tips penting agar Windows 8 Anda dapat berjalan dengan lancar dan lebih cepat.Berikut adalah 11 Cara Mempercepat Windows8
1) Install Antivirus
Dengan berbagai macam spyware, virus dan trojan yang beredar saat ini, sangat mungkin akan mempengaruhi kinerja PC Anda. Jadi untuk menghindari agar tidak sampai terkena masalah ini, Anda harus menginstall antivirus yang mampu memberikan perlindungan terhadap spyware, virus, trojan dan terutama memberikan keamanan untuk terhindar dari situs web berbahaya secara online.
2) Lakukan Disk Cleanup Secara Berkala
Melakukan pembersihan terhadap file-file temporary atau cache scara berkala secara tidak langsung akan membuat Windows 8 Anda berjalan lebih cepat. Lakukan pembersihan secara berkala dua kali seminggu dan lihat perubahan performanya.
3) Optimasi Drive
Optimize Drives” adalah opsi baru yang yang ada di Windows 8, termasuk “Disk Deframentation” yang pada versi Windows sebelumnya juga sudah tersedia. Opsi optimasi drive ini mencakup “Trip Optimization” dan “Slab Consolidation”.
Trip Optimization bertugas untuk menginformasikan pada penyimpanan backup blok-blok data mana yang tidak lagi digunakan, di mana fungsi dari Slab Consolidation Slab menata kembali data-data yang terpencar dan dijadikan pada satu lokasi. Anda dapat mengakses opsi ini dengan dukungan Defragment yang disediakan untuk drive. Lakukan Disk Defragmentation setiap 3 bulan (tergantung seberapa banyak Anda menggunakan harddisk untuk instalasi dan menghapus aplikasi).
4) Memperbaiki Disk Error
Untuk memeriksa integritas file yang tersimpan di Windows 8, Anda harus memeriksa Disk Error menggunakan utilitas tertentu. Microsoft merekomendasikan untuk melakukan pengecekan ini satu minggu sekali jika Anda adalah menggunakan Windows 8 setiap hari.
Berikut cara untuk melakukan checking Disk Error ?
  1. Klik kanan drive yang ingin Anda cek/perbaiki dan pilih Properties.
  2. Kemudian Klik tab Tools dan klik Error Checking.
  3. Ikuti petunjuk yang ada dan mungkin perlu proses restart untuk hal ini.
5) Ready Boost
ReadyBoost diluncurkan bersama dengan Windows Vista. Fitur ini dapat menggunakan penyimpanan Non-Volatile seperti PenDrive untuk meningkatkan kinerja dengan menambahkan lebih banyak memori ke sistem. Caranya, hubungkan perangkat USB ke PC dan jika perangkat tersebut kompatibel dengan ReadyBoost, maka akan tampil opsi “Speed up my system” ketika Anda melakukan klik kanan pada perangkat atau pada saat proses Autorun. Cukup Anda ikuti petunjuk yang ada, dan ReadyBoost terbukti bisa membuat Windows 8 lebih cepat.


6) Menimalkan Program Startup
Program Startup adalah program-program yang dijalankan pada saat Anda memulai Windows. Sudah jelas jika makin banyak aplikasi yang dijalankan pada awal booting, tentunya akan mengurangi kinerja PC Anda. Oleh karena itu, pilih aplikasi yang penting saja untuk ditempatkan pada program startup.
Cara meminimalkan Program Startup:
  1. Jalankan Windows Run.
  2. Ketik msconfig, tekan Enter.
  3. Klik pada tab Startup.
  4. Hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diinginkan dan tidak begitu penting. (*)
  5. Klik Apply dan restart PC.
(*) harap hati-hati dalam memilih aplikasi yang akan dihilangkan, karena ditakutkan ada aplikasi yang memang harusnya jalan pada proses startup
7) Jangan Menyimpan Data di Drive C
Sebagian besar pengguna menyimpan data di desktop atau di folder download yang jika terus-menerus dilakukan akan mengurangi kapasitas drive utama. Tindakan untuk menyimpan data di drive utama harus segera dihentikan, karena jika terjadi sesuatu hal dengan drive utama, maka ada kemungkinan data-data yang berada di drive tersebut tidak bisa diakses. Berikut adalah tips dalam mengelola data yang Anda miliki.
  1. Jangan simpan hasil download pada drive utama. Gunakan drive lain sebagai media penyimpanan.
  2. Jangan menyimpan file besar pada Desktop.
  3. Hindari menyimpan data pada drive OS.
  4. Cobalah untuk menginstal software dan games pada drives lain dan bukan pada drive utama.
  5. Uninstall software yang Anda rasa tidak perlu.
8) Install Software Tune Up
Ada banyak software tune up yang beredar di Internet (baik berbayar atau gratis) yang bisa digunakan untuk men-tuning Windows 8 Anda untuk mengurangi kemungkinan kesalahan dan file-file yang tidak berguna. Software tune up fungsinya adalah :
  1. Membersihkan dan men-defrag registry-registry yang error.
  2. Menghapus link-link shortcut yang rusak.
  3. Mengelola space harddisk.
  4. Mengoptimalkan proses startup dan shutdown.
  5. Defragment Hard Disk.
9) Batasi Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar (Background Process)
Jangan biarkan aplikasi-aplikasi terus berjalan di belakang layar. Tutup aplikasi yang sudah Anda rasa tidak perlu digunakan lagi. Membiarkan aplikasi-aplikasi tersebut berjalan di belakang layar akan meningkatkan penggunaan memori dan CPU yang tentu saja akan menurunkan kinerja Windows 8.
10) Optimalkan TampilanVisual
Memasang wallpaper sederhana dan tidak menggunakan screensaver terbukti membuat Windows 8 berjalan lebih cepat. Anda dapat mengatur tampilan visual seoptimal mungkin. Menonaktifkan animasi tentunya juga berdampak ke kinerja, tetapi hal ini akan mengurangi kesenangan dalam menggunakan Windows 8.
11) Update Berkala Windows 8
Meng-update Windows 8 pasti akan membuat windows 8 lebih cepat. Anda tidak perlu menginstal semua update yang ditawarkan oleh Windows, hanya install update yang direkomendasikan. Anda juga dapat memilih update untuk Office (opsional) jika Anda ingin meningkatkan kinerja software Office.
“wassalam”

0 komentar:

Post a Comment

 
Toggle Footer